Minuman Beralkohol, Permasalahan dan Tip Untuk Mengatasi Kebiasaan Minum Minuman Beralkohol.

Posted: June 9, 2011 in TULISAN, Tulisan Lainnya
Tags: , ,

a. Apa itu minuman berakohol?
Minuman berakohol adalah minuman yang mengandung zat yang mempengaruhi pikiran yang disebut etanol atau alkohol. Alkohol adalah zat yang ampuh mempengaruhi badan dan pikiran. Ini merupakan desperesan yang memperlambat otak dan sistem syaraf. Secara teknis, alkohol terhgolong makanan karena makanan karena mengandung kalori/kilojoule. Di dalamnya tidak ditemukan protein atau mineral dan akan langsung masuk kedalam aliran darah tanpa melalui pencernaan.
Segelas anggur merah dengan makanan setiap harinya dilaporkan cukup sehat. Namun, pria yang sering minum lebih dari yang distandarkan, 4 gelas sehari, dalam jangka panjang berkemungkinan memiliki masalah fisik, emosional atau sosial seperti :

  • Pembesaran perut,
  • Masalah kulit,
  • Kerusakan lever,
  • Kerusakan pada otak,
  • Diet yang buruk,
  • Kerusakan padfa organ-organ reproduksi,
  • Tidak bisa berpikir jernih,
  • Cepat pikun,
  • Masalah jantung dan darah,
  • Depresi,
  • Masalah dalam berelasi,
  • Kesulitan dalam fiunansial dan
  • Masalah hukum.

b. Bagaimana Standar minuman yang seharusnya?
Standar minuman yang baik adalah semua minumanberakohol yang mengandung 10 gram alkohol seperti :

  • setengah gelas bir dengan kadar alkohol tinggi (4,8% – 4,9%)- 285 ml’
  • segelas kecil anggur – 100 ml’
  • sedikit minuman keras 30 ml,
  • segelas kecil sampanye 100 ml,
  • segelas kecil port 60 ml dan
  • secangkir bir dengan kadar alkohol menengah (3,5%) – 375 ml.

c. Cara mencegah mabuk.
Mencegah mabuk membutuhkan waktu. Mengeluarkan keringat, bernafas dan kencing membuang 10% alkohol dan sisanya disimpan diginjal. Ginjal akan mengeluarkan alkohol pada kecepatan satu standar minuman setiap jamnya. Tidak ada cara lain yang mempercepat pengeluarannya.

d. Cara mengatasi kebiasaan minum minuman berakohol.

Tulis disini…

Arti ketergantungan pada alkohol adalah alkohol telah menjadi sesuatu yang sangat penting bagi emosi, pikiran dan aktivitas sehari-hari seseorang, Dalam hal ini sangatlah sulit untuk berhenti minum dan kecanduanpun timbul. Ketika seseorang yang mengalami ketergantungan benar-benar berhenti minum, mereka akan mengalami efek samping seperti kecemasan, keluar keringat, gemetar, muntah-muntah, kejang otot dan halusinasi.

Ada bebrapa cara untuk mengatasi kebiasan minum minuman berakohol adalah sebagai berikut :

  • Canangkan dua hari bebas alkohol setiap minggunya (khusus bagi para pecandu).
  • Mempelajari berapa banyak minuman keras standar yang anda minum.
  • Minum perlahan.
  • Mengganti minuman anda dengan air putih atau cairan nonalkohol lainnya.
  • Mulai mengurangi minum minuman keras secara bertahap.
  • Pikirkanlah kerugian-kerugian yang ditimbulkan karena minuman keras seperti kerugian finansial, emosi, sosial dsb.
  • Mengetes sendiri dengan menggunakan mesin pemeriksa pernafsan berstandar umum untuk mengetahui bagaimana jumlah alkohol dapat mempengaruhi tingkat kadar alkohol dalam darah.

Tapi yang paling baik adlah Jauhilah minum-minuman keras dan sejenisnya, karena dalam agam islam itu hukumnya haram.
Sumber : Steven Boyages dan Roz Townsend.

About these ads

Kasih Comentnya Dong ...!!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s