Hama dan Penyakit Pada Tanaman pisang

Posted: June 6, 2011 in TULISAN

A. Hama Pada Tanaman Pisang.

1) Ulat daun (Erienota thrax.)

Bagian yang diserang adalah daun. Gejala: daun menggulung seperti selubung dan sobek hingga tulang daun. Pengendalian: dengan menggunakan insektisida yang cocok belum ada, dapat dicoba dengan insektisida Malathion.

2) Uret kumbang (Cosmopolites sordidus)

Bagian yang diserang adalah kelopak daun, batang. Gejala: lorong-lorong ke atas/bawah dalam kelopak daun, batang pisang penuh lorong. Pengendalian: sanitasi rumpun pisang, bersihkan rumpun dari sisa batang pisang, gunakan bibit yang telah disucihamakan.

3) Nematoda (Rotulenchus similis, Radopholus similis).

Bagian yang diserang adalah akar. Gejala: tanaman kelihatan merana, terbentuk rongga atau bintik kecil di dalam akar, akar bengkak. Pengendalian: gunakan bibit yang telah disucihamakan, tingkatkan humus tanah dan gunakan lahan dengan kadar lempung kecil.

4) Ulat bunga dan buah (Nacoleila octasema.)

Bagian yang diserang adalah bunga dan buah. Gejala: pertumbuhan buah abnormal, kulit buah berkudis. Adanya ulat sedikitnya 70 ekor di tandan pisang. Pengendalian: dengan menggunakan insektisida.

B. Penyakit Pada Tanaman Pisang.

1) Penyakit darah

Penyebab: Xanthomonas celebensis (bakteri). Bagian yang diserang adalah  jaringan tanaman bagian dalam. Gejala: jaringan menjadi kemerah-merahan seperti berdarah. Pengendalian: dengan membongkar dan membakar tanamanyang sakit.

2) Panama

Penyebab: jamur Fusarium oxysporum. Bagian yang diserang adalah daun. Gejala: daun layu dan putus, mula-mula daun luar lalu daun di bagian dalam, pelepah daun membelah membujur, keluarnya pembuluh getah berwarna hitam. Pengendalian: membongkar dan membakar tanaman yang sakit.

3) Bintik daun

Penyebab: jamur Cercospora musae. Bagian yang diserang adalah daun dengan gejala bintik sawo matang yang makin meluas. Pengendalian: dengan menggunakan fungisida yang mengandung Copper oksida atau Bubur Bordeaux (BB).

4) Layu

Penyebab: bakteri Bacillus . Bagian yang diserang adalah akar. Gejala: tanaman layu dan mati. Pengendalian: membongkar dan membakar tanaman yang sakit.

5) Daun pucuk

Penyebab: virus dengan perantara kutu daun Pentalonia nigronervosa. Bagian  yang diserang adalah daun pucuk. Gejala: daun pucuk tumbuh tegak lurus secara berkelompok. Pengendalian: cara membongkar dan membakar tanaman yang sakit.

About these ads
Comments
  1. putu indra says:

    bos, ada penyakit di pisang yang buahnya jadi kehitaman dan keras, penanggulangannya gimana? trus kalau udah terjangkit bisa diobati gak?? thanks…

  2. inank says:

    huu mna dp gambar …

  3. Andre says:

    thats should be Erionota thrax (Lep: Hesperiidae), and then “layu” is not caused by Bacillus, its Ralstonia sp.
    @putu indra: saya kurang memahami deskripsi “hitam” yang anda maksud, jika bagian luar yg hitam itu disebut “burik” penyebabnya ada dua, bisa jadi karena Thrips (umumnya Chaetanaphotrips signipennis; Thysanoptera; thripidae), atau oleh larva (ulat) Nacoleila octasema (Lep: Pyraidae)
    nah jika yang hitam bagian dalam, itu disebabkan oleh infeksi Ralstonia sp. (Bakteri) atau oleh Fusarium oxysporum (Cendawan), warna hitam karena jaringan tanaman diinfeksi dan dikolonisasi oleh masa (propagul) cendawan,
    bisa disembuhkan atau tidak?? jawabannya TIDAK, tanaman memiliki karakter yang berbeda dengan manusia, artinya jaringan yang telah mati tidak bisa dihidupkan kembali. nah, solusinya adalah dengan memusnahkan tanaman terserang dan menghindari penularan ke tanaman lain.
    penularan bakteri umumnya melalui air dan alat-alat pertanian, jadi alat yang telah digunakan untuk menebang tanaman sakit tidak boleh digunakan di tanaman sehat. untuk cendawan, sebaiknya bekas tanaman sakit dimusnahkan (dibakar).
    yang peling penting adalah lakukan sanitasi secara rutin untuk menghindari endemik penyakit.

    untuk pemilik blog, itu tadi cuma sedikit koreksi, kebetulan tadi sedang searching beberapa informasi tentang pisang, semoga berkenan,,,
    salam kenal dari Proteksi Tanaman IPB.
    blognya membantu dan informatif :)

  4. Joey Karpe says:

    Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your site is wonderful, let alone the content!. Thanks For Your article about Hama dan Penyakit Pada Tanaman pisang Catatan Kecil Seorang Anak Fakultas Pertanian .

  5. omdimas says:

    makasih gan … kunjung balik

Kasih Comentnya Dong ...!!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s